Apa itu MVC? MENGENAL MVC (MODEL VIEW CONTROLLER)





Garasi Koding - MVC, mungkin bagi orang awam akan sangat asing mendengar singkatan MVC. MVC merupakan singkatan dari Model, View dan Controller. 

Bayangkan kalau anda diminta untuk mengembangkan sebuah aplikasi web, sederhana, yang hanya memiliki beberapa lembar spesifikasi kebutuhan. Karena sangat suka mengembangkan web, anda dengan bersemangat langsung menuju kantor dengan spesifikasi kebutuhan di tangan, untuk secepat mungkin mengerjakan aplikasi web tersebut. Pintu ditutup, tanda “Do Not Distrub” dipasang. Tab Facebook dan Twitter ditutup. Dan anda mulai bekerja. Coding dan coding dan *coding*.

Dua minggu kemudian, aplikasi web yang diminta sudah selesai dikembangkan. Dengan penuh senyuman anda mempresentasikan web yang telah dikembangkan ke klien. Selesai presentasi, klien meminta beberapa perubahan. Bentuk font-nya kurang bagus. Biru di warna latarnya coba digelapkan sedikit. Elemen navigasi terlalu naik. Tolong ditambahkan data pengunjung halaman. Dan masih banyak perubahan lainnya. Anda lalu kembali bekerja untuk memperbaiki aplikasi, dan kemudian melakukan presentasi lagi. Hal ini terjadi berulang kali, sampai akhirnya di akhir proyek, kode aplikasi web anda sudah tidak dapat dikenali.

Kenapa kode tidak lagi dapat dikenali? Ada banyak faktor. Misalnya, kode untuk menampilkan HTML tercampur dengan kode query basis data karena tambahan fitur yang diminta oleh klien pada tengah malam. Waktu itu, anda terlalu mengantuk untuk berpikir jernih dan akhirnya kode tercampur dan sulit diubah lagi karena perubahan di satu tempat akan merusak kode di tempat lain. Mungkin ada kode penanganan kesalahan yang bercampur dengan kode penulisan tampilan, karena anda terburu-buru mengubahnya begitu selesai rapat. Intinya adalah, kode menjadi buruk dan sulit dikembangkan. Kenapa? Karena semua bagian kode sudah tercampur aduk seperti KOLAK.

Untuk menghindari kode agar tidak menjadi kolak, maka kita harus menerapkan prinsip Pembagian Fokus (Separation of Concern). Secara singkat, SoC atau Separation of Concern merupakan teknik di mana kita membagi-bagikan kode ke dalam beberapa bagian. Masing-masing bagian kode ini kemudian memiliki tanggung jawabnya masing-masing. Bisa saja ada bagian kode yang khusus menangani basis data. Ada bagian kode yang menangani tampilan. Ada bagian kode yang menghubungkan tampilan dengan basis data.

MVC, atau Model View Controller, merupakan salah satu implementasi prinsip SoC untuk aplikasi yang kita kembangkan. Dalam MVC, kita membagikan bentuk aplikasi dalam tiga bagian utama, yaitu:

  1. Model, yaitu bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data.
  2. View, yaitu bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna.
  3. Controller, yaitu bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View.

Note

Sebagai prinsip yang memberikan solusi untuk permasalahan umum, MVC juga merupakan design pattern. Meskipun memberikan prinsip dasar yang sama, implementasi MVC biasanya akan berbeda-beda, tergantung siapa yang mengimplementasikannya.

 

Secara kasar, berikut adalah arsitektur aplikasi web kita jika dikembangkan dengan menggunakan pola MVC:

Arsitektur MVC

Arsitektur Sederhana MVC

Alur kerja aplikasi web kita ketika user mengunjungi salah satu halaman yaitu:

  1. Browser berhubungan dengan server untuk akses halaman.
  2. Request (permintaan) browser ditangani oleh bagian Controller dari kode kita.
  3. Controller akan melakukan pemanggilan ke Model untuk mendapatkan data yang relevan, dan kemudian mempersiapkan data tersebut untuk ditampilkan.
  4. Controller memberikan data yang diperlukan kepada view.
  5. View menampilkan data dan berbagai elemen antarmuka tambahan yang diperlukan.

Meskipun memerlukan banyak langkah hanya untuk menampilkan satu halaman web, kita dapat langsung melihat keuntungan tambahan dari penggunaan MVC, yaitu bagaimana setiap bagian memiliki tanggung jawab masing-masing. Ingin mengubah query yang digunakan agar menjadi lebih cepat? Langsung saja edit kode pada bagian Model. Designer juga dapat bekerja pada bagian view jika ingin mengubah tampilan, tanpa perlu takut merusak keseluruhan kode. Pastinya hal seperti ini akan mempercepat dan mempermudah pengembangan web kita!

Ade Setiyawan

kami adalah penggemar teknologi, pendidikan dan musik yang suka dengan membagi pengetahuan dan sharing sehingga akan menambah wawasan.

59 Komentar

Silahkan isi komentar jika ada pertanyaan, saran atau kritik. Bantu kami untuk lebih berkembang.

  1. Nama : Ryan Aditama Bayu Samudra
    Kelas : XII RPL 2
    No : 33
    Kesimpulan :
    Agar kita mudah dan tertata dalam membuat aplikasi web kita harus menerapkan Soc atau Separation of Concern salah satu pengimplementasian SoC adalah MVC atau Model, View, Controller.
    1.Model berhubungan dengan basis data
    2.View berhubungan dengan tampilan ke penguna
    3.Controller penghubung antara basis data Dengan tampilan

    BalasHapus
  2. Nama : Elina Wulandari
    No : 10
    Kelas : XII RPL 2
    Kesimpulan :
    SoC atau Separation of Concern merupakan prinsip untuk menghindari kode agar tidak tercampur aduk.MVC, atau Model View Controller, merupakan salah satu implementasi prinsip SoC untuk aplikasi yang akan dikembangkan.Dalam MVC terdapat 3 bagian utama yaitu model,view,dan controller.Kelebihan dari penggunaan MVC yaitu bagaimana setiap bagian memiliki tanggung jawab masing-masing,Designer dapat bekerja pada bagian view jika ingin mengubah tampilan, tanpa takut merusak keseluruhan kode.

    BalasHapus
  3. Nama : Clarista Sapna Awasti
    No. : 07
    Kelas: XII RPL 2

    MVC, atau Model View Controller, merupakan salah satu implementasi prinsip SoC (Separation of Concern) yang merupakan teknik di mana kita membagikan kode ke dalam beberapa bagian. Masing-masing bagian kode ini kemudian memiliki tanggung jawabnya sendiri untuk aplikasi yang kita kembangkan. Dalam MVC, kita membagikan bentuk aplikasi dalam tiga bagian utama, yaitu:

    1.Model: bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data.
    2.View : bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna.
    3.Controller : bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View.

    BalasHapus
  4. NAMA : DESI SETIANI
    KELAS: XII RPL 2
    NO : 08

    Kesimpulan :

    MVC adalah sebuah metode untuk membuat sebuah aplikasi dengan memisahkan data (Model) dari tampilan (View) dan cara bagaimana memprosesnya (Controller)

    BalasHapus
  5. nama: Ira Natalia Sari
    no: 20
    kelas: XII RPL 2
    MVC, singkatan dari Model View Controller, merupakan salah satu implementasi prinsip SoC untuk aplikasi yang kita kembangkan agar lebih baik. Terbagi jadi tiga bagian utama, yaitu:
    1.Model, yaitu bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data.
    2.View, yaitu bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna.
    3.Controller, yaitu bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View

    BalasHapus
  6. Nama:Rifan Adhi M
    Kelas: XII RPL 2
    Kesimpulan:MVC merupakan singkatan dari Model, View dan Controller. Dalam mvc ada tiga bagian utama yaitu untuk membentuk aplikasi apa saja,diatara lain model,view dan controller.model adalahbagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data.view yaitu bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna.dan controller adalah bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View.

    BalasHapus
  7. Nama : Riski Rosinta
    No : 32
    Kelas : XII RPL 2

    Kesimpulan :
    MVC (Model View Controller) adalah salah satu implementasi prinsip SoC untuk aplikasi yang kita kembangkan.
    Dengan menggunakan MVC, proses pengembangan aplikasi atau software akan menjadi lebih mudah dan cepat. Selain itu, proses maintainable juga lebih ringan karena source code lebih terstruktur. Selain itu, dari segi keamanan juga memiliki kualitas standart yang lebih baik.

    BalasHapus
  8. Nama :Rika kurniawati
    No : 30
    Kelas : XII RPL 2

    Kesimpulan:
    MVC adalah konsep arsitektur dalam sistem pengembangan website yang terbagi menjadi tiga bagian, yaitu model, view, dan controller.

    Model berfungsi untuk berhubungan dengan database agar dapat mengelola, memperbarui, dan menginput data. Lalu, View akan mengatur tampilan supaya lebih mudah dipahami pengguna. Sementara Controller bertugas menghubungkan model dan view. Sedangkan itu Kita harus menerapkan prinsip Pembagian Fokus (Separation of Concern). Secara singkat, SoC atau Separation of Concern merupakan teknik di mana kita membagi-bagikan kode ke dalam beberapa bagian. Agar tidak tercampur aduk.

    BalasHapus
  9. Nama : Bayu Wasesojati
    Kelas : XII RPL 2

    MVC merupakan singkatan dari Model, View dan Controller. MVC, atau Model View Controller, merupakan salah satu implementasi prinsip SoC (Separation of Concern) untuk aplikasi yang kita kembangkan.
    3 bagian utama bentuk aplikasi dalam MVC :
    • Model, yaitu bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data.
    • View, yaitu bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna.
    • Controller, yaitu bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View.

    BalasHapus
  10. Nama : Alfia Ega Rosyidah
    No. : 02
    Kelas: XII RPL 2

    Kesimpulan:
    Agar kode dapat dikenali kita harus mengecek kembali apakah tercampur dengan query basis data. Karena jika sudah tercampur kode tidak sesuai dan akan sulit dirubah. SoC adalah Separation of Concern yaitu teknik yang sebagaimana kita pahami sebagai pembagi kode menjadi beberapa bagian. Sedangkan MVC( model view controller ) adalah salah satu implementasi prinsip SoC. MVC dibagi menjadi 3 bagian utama yaitu : model, view, dan controller.

    BalasHapus
  11. Nama : Intan Mutiara Sabilla
    No : 19
    Kelas : XII RPL 2
    KESIMPULAN :
    Untuk mengembangkan sebuah web kita harus menerapkan prinsip Pembagian Fokus (Separation of Concern).SoC ini bertugas untuk memisahkan program komputer menjadi bagian-bagian yang berbeda.MVC (Model View Controller) merupakan salah satu pengimplementasian SoC yang dapat mempercepat proses pembuatan website karena developer akan lebih fokus pada pengerjaan salah satu bagain.
    Alur kerja MVC adalah :
    • View akan meRequest informasi.
    • Kemudian Request akan diambil oleh Controller dan diserahkan ke Model untuk diproses.
    • Model akan mencari dan mengolah data informasi di dalam database.
    • Kemudian Model mengembalikan ke Controller untuk ditampilkan hasilnya di View.
    • View akan menampilkan hasil yang diterima dari Controller (yang sebelumnya sudah ditata oleh Controller).

    BalasHapus
  12. Nama : Mei Riska Andriana
    No : 23
    Kelas : XII RPL 2

    KESIMPULAN :
    MVC (Model, View dan Controller), merupakan salah satu implementasi prinsip SoC untuk aplikasi yang kita kembangkan. Tiga bagian utamanya yaitu :
    1. Model, yaitu bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data.
    2. View, yaitu bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna.
    3. Controller, yaitu bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View.

    Keuntungan bagi pengguna MVC adalah ingin mengubah query yang digunakan agar menjadi lebih cepat? Langsung saja edit kode pada bagian Model.Designer juga dapat bekerja pada bagian view jika ingin mengubah tampilan, tanpa perlu takut merusak keseluruhan kode.

    BalasHapus
  13. Nama : Lusi Amalia
    No. : 30
    Kelas : XII RPL 1


    MVC, singkatan dari Model View Controller, merupakan salah satu implementasi prinsip SoC untuk aplikasi yang kita kembangkan agar lebih baik. Terbagi jadi tiga bagian utama, yaitu:
    1. Model, berhubungan dengan basis data.
    2. View, berhubungan dengan tampilan ke pengguna.
    3. Controller, menghubungkan antara Model dan View.
    Keuntungan bagi pengguna MVC adalah ingin mengubah query yang digunakan agar menjadi lebih cepat? Langsung saja edit kode pada bagian Model.Designer juga dapat bekerja pada bagian view jika ingin mengubah tampilan, tanpa perlu takut merusak keseluruhan kode.

    BalasHapus
  14. Nama : EKA NURLITA SARI
    No : 18
    Kelas : XII RPL 1

    KESIMPULAN :
    MVC merupakan singkatan dari Model, View dan Controller. MVC juga merupakan bentuk desain dalam pengembangan website yang memisahkan antara model, view, dan controller. Konsep ini memudahkan dalam proses pembuatan website. Untuk menghindari kode agar tidak semua bagian kode tercampur aduk, maka kita harus menerapkan prinsip Pembagian Fokus SoC atau Separation of Concern, merupakan teknik membagi-bagikan kode ke dalam beberapa bagian.

    BalasHapus
  15. Nama : Endang Sulastri
    No : 19
    Kelas : XII RPL 1

    Kesimpulan :
    MVC yang merupakan singkatan dari Model View Controller adalah sebuah metode yang dipergunakan dalam pengembangan sebuah aplikasi maupun situs web yang terbagi menjadi tiga bagian, yaitu model, view, dan controller.
    Model berfungsi untuk berhubungan dengan database agar dapat mengelola, memperbarui, dan menginput data. Lalu, View akan mengatur tampilan supaya lebih mudah dipahami pengguna. Sementara Controller bertugas menghubungkan model dan view.
    Dengan menggunakan MVC, proses pengembangan aplikasi atau software akan menjadi lebih mudah dan cepat. Selain itu, proses maintainable juga lebih ringan karena source code lebih terstruktur.

    BalasHapus
  16. Nama = Gayatri Indah Cahyani
    Kelas = XII RPL 1

    KESIMPULAN:

    MVC singkatan dari Model, View dan Controller.
    Dalam MVC, terdapat aplikasi dalam tiga bagian utama, yaitu: Model, View, Controller.

    Keuntungan dari penggunaan MVC, yaitu bagaimana setiap bagian memiliki tanggung jawab masing-masing. Ketika mengubah query yang digunakan agar menjadi lebih cepat langsung saja edit kode pada bagian Model. Pada bagian view jika ingin mengubah tampilan, tanpa perlu takut merusak keseluruhan kode.

    BalasHapus
  17. Nama : Setevani Yuliana
    kelas : XII RPL 1

    Kesimpulan :
    MVC (Model View Controller) merupakan salah satu implementasi prinsip SoC digunakan untuk aplikasi yang akan kita kembangkan. MVC memisahkan program dalam tiga bagian terpisah yang saling terhubung sesuai dengan namanya, model, view, dan controller. Meskipun MVC memberikan prinsip dasar yang sama, implementasi MVC akan berbeda-beda, tergantung siapa yang mengimplementasikannya.

    BalasHapus
  18. Nama : Ayu Dwi Septiani
    No . : 9
    Kelas: XII RPL 1

    Kesimpulan :
    MVC itu singkatan dari Model, View, dan Controller. Alur kerjanya yaitu User / pengguna mengirimkan permintaan kepada Controller. Setelah itu Controller akan mengirimkan informasi dari pengguna ke Model, dan dibagian Model ini informasi dari pengguna akan diolah. Kemudian Model akan merespon informasi dari pengguna, dan informasi ini disalurkan ke View melalui Controller. Dan akhirnya View akan menampilkan informasi sesuai yang diminta oleh pengguna tadi.

    Tiga bagian utama MVC :
    1. Model : Coding yang berkaitan dengan basis data.
    2. View : Coding yang berkaitan dengan tampilan kepada pengguna.
    3. Controller : Coding yang menghubungkan Model dan View.

    Tiga bagian tersebut adalah hal yang penting saat kita ingin membuat sebuah aplikasi, untuk menghindari tercampurnya koding kita atau dengan kata lain kita tidak akan merusak koding bagian lain jika kita memperbaiki koding di bagian tertentu, sehingga memudahkan kita saat akan memperbaiki atau mengembangkan aplikasi tersebut. MVC ini merupakan pengimplementasian dari prinsip Separation of Concern(SoC) yaitu pembagian program komputer.

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Nama : Catur Ariyan Ningsih
    Kelas : XII RPL 1
    No : 11

    Kesimpulan : MVC atau Model View Controller merupakan salah satu implementasi prinsip SoC (Separation of Concern) atau pembagian fokus. Penerapan MVC sangat bermanfaat bagi programmer karena programmer bisa mengubah query basis data, mengubah tampilan dan mengubah kode yang menghubungkan tampilan dengan basis data tanpa merusak keseluruhan kode. Pada MVC programmer cukup mengedit kode pada bagian yang diperlukan sehingga hal tersebut akan mempermudah programmer dalam mengembangkan websitenya.

    BalasHapus
  21. Nama:Faizal islanudin
    Kelas:XII RPL 1
    No:24

    KESIMPULAN:
    MVC(model,view,controller),dalam mvc ada yang namanya pembagian fokus(separation of concern)bertujuan untuk menghindari code agar tidak tercampur.MVC di bagi menjadi tiga bagian utama yaitu:
    a.)model=>kode yang terhubung
    dengan basis data.
    b.)View=>kode yang terhubung
    dengan tampilan ke penguna.
    C.)Controller=>kode yang
    terhubung antara model dan
    view.
    Salah satu keuntungan kita menggunakan mvc adalah dimana setiap bagian memiliki tanggung jawab masing-masing.

    BalasHapus
  22. Nama: Mei Reta Maharani
    No: 31
    Kelas: XII RPL 1

    KESIMPULAN:
    MVC yang merupakan singkatan dari Model View Controller adalah satu software design pattern yang membantu kita atau tim developer dalam membangun sistem pengembangan website menjadi lebih mudah dan efisien yang terdiri dari tiga bagian yaitu :

    - Model: yaitu bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data

    -View: bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna

    - Controller: bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View

    BalasHapus
  23. Nama : Alvi Nur Laily
    No : 06
    Kelas : XII RPL 1
    Kesimpulan :
    MVC merupakan singkatan dari Model, View dan Controller. Dalam MVC, kita membagikan bentuk aplikasi dalam tiga bagian utama, yaitu:
    1.) Model, yaitu bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data. 2.) View, yaitu bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna.
    3.)Controller, yaitu bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View. Dengan menggunakan MVC perawatan sebuah program akan lebih mudah, mengingat semua bagian program telah dipetakan dalam struktur yang jelas, sehingga pengubahan desain tidak mengubah logic maupun data. Demikian pula pengubahan data akan terhindar dari pengubahan tampilan secara tidak sengaja. Pengubahan program juga lebih dimudahkan karena dapat dilakukan di bagian program yang terpisah.

    BalasHapus
  24. Nama : Agung Sriyanto
    No : 04
    Kelas : XII RPL 1
    kesimpulan
    MVC yang merupakan singkatan dari Model View Controller adalah sebuah metode yang dipergunakan dalam pengembangan sebuah aplikasi maupun situs web yang terbagi menjadi tiga bagian, yaitu :
    1. Model: yaitu bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data
    2. View: bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna
    3. Controller: bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View

    BalasHapus
  25. Nama: NABILA PRAMUDITA SALSA
    Kelas: XII RPL 1
    No:33


    Kesimpulan:
    MVC (Model, View, dan Controller)
    MVC merupakan salah satu implementasi prinsip SoC untuk aplikasi yang akan dikembangkan. Ada beberapa bentuk dalam tiga bagian utama yaitu:
    1).Model; yaitu bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data.
    2). View; yaitu bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke-pengguna.
    3). Controller; yaitu bagian kode yang menghubungkan antara model dan view.

    BalasHapus
  26. Nama : Devi Murni Saputri
    No : 15
    Kelas : XII RPL 1
    MVC adalah singkatan dari Model, View dan Controller merupakan teknik membagi kode ke dalam beberapa bagian 1. Model : bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data
    2. View : bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna
    3. Contruller : bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View

    BalasHapus
  27. Nama : Nines Shifa Agustin
    No : 35
    Kelas : XII RPL 1

    Kesimpulan :

    MVC singkatan dari Model, View dan Controller. Dalam MVC, terdapat aplikasi dalam tiga bagian utama, yaitu: Model, View, Controller. Keuntungan dari penggunaan MVC, yaitu bagaimana setiap bagian memiliki tanggung jawab masing-masing. Ketika mengubah query yang digunakan agar menjadi lebih cepat langsung saja edit kode pada bagian Model.Pada MVC programmer cukup mengedit kode pada bagian yang diperlukan sehingga hal tersebut akan mempermudah programmer dalam mengembangkan websitenya.

    BalasHapus
  28. Nama:Evi Nur Diyastuti Kelas:Xll RPL 1 No:23 Kesimpulan MVC singkatan dari Model,view dan controller merupakan implementasi dari soC atau pembagian fokus Dalam MVC kita,kita membagikan bentuk aplikasi dalam 3 bagian utama yaitu 1.model:bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data 2.view:bagian kode yang berhubungan dengan tampilan pengguna 3.controller:bagian kode yang menghubungkan antara model dan view Keuntungan dari pengguna MVC adalah ingin mengubah query yang digunakan akan menjadi lebih cepat?langsung saja edit kode pada bagaian model.Designer juga dapat bekerja dalam view jika ingin mengubah Tampilan,tanpa takut merusak keseluruhan kode.

    BalasHapus
  29. Nama : Dian Elinasia J
    Kelas : XII RPL 1
    No : 17

    Kesimpulan :

    MVC merupakan singkatan dari Model, View dan Controller. 
    MVC, atau Model View Controller, merupakan salah satu implementasi prinsip SoC untuk aplikasi yang kita kembangkan. Dalam MVC, kita membagikan bentuk aplikasi dalam tiga bagian utama, yaitu:
    1 Model, yaitu bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data.
    2 View, yaitu bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna.
    3 Controller, yaitu bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View.

    BalasHapus
  30. Nama : Erlangga Frendy Anggoro
    No : 22
    Kelas : XII RPL 1

    Kesimpulan :

    MVC singkatan dari Model, View dan Controller. Dalam MVC, terdapat aplikasi dalam tiga bagian utama, yaitu: Model, View, Controller. Keuntungan dari penggunaan MVC, yaitu bagaimana setiap bagian memiliki tanggung jawab masing-masing.Pada MVC programmer cukup mengedit kode pada bagian yang diperlukan.
    1. Model : bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data
    2. View : bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna
    3. Contruller : bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View

    BalasHapus
  31. Untuk menghindari kode menjadi buruk dan sulit dikembangkan maka kita harus menerapkan prinsip Pembagian Fokus (Separation of Concern).
    MVC, atau Model View Controller, merupakan salah satu implementasi prinsip SoC (Separation of Concern) yang merupakan teknik di mana kita membagikan kode ke dalam beberapa bagian. Masing-masing bagian kode ini kemudian memiliki tanggung jawabnya sendiri untuk aplikasi yang kita kembangkan. Dalam MVC, kita membagikan bentuk aplikasi dalam tiga bagian utama, yaitu:

    1.Model: bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data.
    2.View : bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna.
    3.Controller : bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View.

    BalasHapus
  32. Nama : Nathasa Leoni Angela
    No : 34
    Kelas : XII RPL 1

    Kesimpulan
    Untuk menghindari kode menjadi buruk dan sulit dikembangkan maka kita harus menerapkan prinsip Pembagian Fokus (Separation of Concern).
    MVC, atau Model View Controller, merupakan salah satu implementasi prinsip SoC (Separation of Concern) yang merupakan teknik di mana kita membagikan kode ke dalam beberapa bagian. Masing-masing bagian kode ini kemudian memiliki tanggung jawabnya sendiri untuk aplikasi yang kita kembangkan. Dalam MVC, kita membagikan bentuk aplikasi dalam tiga bagian utama, yaitu:

    1.Model: bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data.
    2.View : bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna.
    3.Controller : bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View.

    BalasHapus
  33. Nama : Miranda Wahyu A
    No : 24
    Kelas : XII RPL 2
    MVC, singkatan dari Model View Controller, merupakan salah satu implementasi prinsip SoC untuk aplikasi yang kita kembangkan agar lebih baik. Terbagi jadi tiga bagian utama, yaitu:
    1.Model, yaitu bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data.
    2.View, yaitu bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna.
    3.Controller, yaitu bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View

    BalasHapus
  34. Aprilia Ambarwati - XII RPL 3 Model View Controller, merupakan salah satu implementasi prinsip SoC untuk aplikasi yang kita kembangkan. SoC atau Separation of Concern merupakan teknik di mana kita membagi-bagikan kode ke dalam beberapa bagian. Masing-masing bagian kode ini kemudian memiliki tanggung jawabnya masing-masing.

    BalasHapus
  35. Nama : Sherlyna Cahyaningrum
    No : 31
    Kelas : XII RPL 3

    MVC, atau Model View Controller, merupakan salah satu implementasi prinsip SoC untuk aplikasi yang kita kembangkan. Dalam MVC, kita membagikan bentuk aplikasi dalam tiga bagian utama, yaitu:
    • Model, yaitu bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data.
    • View, yaitu bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna.
    • Controller, yaitu bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View.

    BalasHapus
  36. Nama : Metria Widya P
    No : 20
    Kelas : XII RPL 3

    MVC merupakan singkatan dari model view controller salah satu implementasi prinsip SoC yang digunakan untuk perkembangan sebuah aplikasi. Untuk menghindari kode yang tidak beraturan harus menerapkan SoC di mana kita membagi-bagikan kode ke dalam beberapa bagian. Yang terdiri dari :
    1. Model, yaitu bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data.
    2. View, yaitu bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna.
    3. Controller, yaitu bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View.

    BalasHapus
  37. Nama : Risdianti
    No : 30
    Kelas : XII RPL 3

    Untuk menghindari kode agar tidak tercampur yaitu kita perlu menerapkan prinsip pembagian fokus atau soc. Lalu pengertian dari MVC yaitu implementasi dari prinsip soc untuk aplikasi yang kita kembangkan,tiga bagian utama untuk membagikan bentuk aplikasi dalam MVC diantaranya:
    -Model, bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data.
    -View, bagian kode berhubungan dengan tampilan ke pengguna.
    -Controller, bagian kode yang menghubungkan antara Model dengan View.

    BalasHapus
  38. Nama : Reza dwi ulinuha
    No : 27
    Kelas : X RPL 3

    MVC merupakan singkatan dari Model, View dan Controller. MVC atau Model View Controller, merupakan salah satu implementasi prinsip SoC untuk aplikasi yang kita kembangkan. Untuk menghindari kode agar tidak tercampur, maka kita harus menerapkan prinsip Pembagian Fokus (Separation of Concern). Secara singkat, SoC atau Separation of Concern merupakan teknik di mana kita membagi-bagikan kode ke dalam beberapa bagian.

    BalasHapus
  39. Nama: Ovialita Norin
    No:23
    Kelas: XII RPL 3
    kesimpulan :
    MVC singkatan dari Model, View dan Controller. Dalam dunia pengembangan kita perlu bekerja keras, teliti, dan sabar, untuk menghindari masalah tentang kode yg telah kita buat tidak lagi dapat dikenali adalah dengan menerapkan prinsip SoC atau Separation of Concern yang merupakan teknik dimana kita membagi-bagikan kode ke dalam beberapa bagian dan
    MVC merupakan salah satu implementasi prinsip SoC untuk aplikasi yang di kembangkan. Dalam MVC, kita membagikan bentuk aplikasi dalam tiga bagian utama, yaitu model, view, Controller


    BalasHapus
  40. Fajar j - 11 - XII RPL 3 - MVC merupakan salah satu implementasi prinsip SoC (separatipn of Concren). - SoC merupakan tekhnik membagikan kode ke dalam beberapa bagian. dalam MVC kita membagikan 3 bagian utama yaitu: 1. Model 2. View 3. Controller

    BalasHapus
  41. Nama : Ricka Yunita N.D
    No : 29
    Kelas : XII RPL 3

    MVC (Model View Controller)
    merupakan salah satu implementasi prinsip SoC untuk aplikasi yang kita kembangkan.
    Fungsinya untuk membuat sebuah aplikasi dengan memisahkan data (Model) dari tampilan (View) dan cara bagaimana memprosesnya (Controller).

    MVC terbagi jadi 3 bagian utama,yaitu
    1. Model, yaitu bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data.
    2. View, yaitu bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna. 
    3. Controller, yaitu bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View

    BalasHapus
  42. Indi Alfiatun K - XII RPL 3
    MVC atau Model View Controller merupakan salah satu implementasi prinsip SoC (Separation of Concern). SoC merupakan teknik untuk membagikan kode ke dalam beberapa bagian. Dalam MVC ada 3 bagian utama yaitu :
    1. Model, yaitu bagian yang berhubungan dengan basis data.
    2. View, yaitu bagian yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna.
    3. Controller, yaitu bagian yang menghubungkan model dengan view.

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. Nama : Retno Meilasari
    No : 26
    Kelas : XII RPL 3

    MVC, atau Model View Controller, merupakan salah satu implementasi prinsip SoC untuk aplikasi yang dikembangkan menjadi lebih baik.Dalam membentuk aplikasi ada 3 bagian utama, yaitu:
    1. Model, yaitu bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data.
    2. View, yaitu bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna.
    3. Controller, yaitu bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View.

    MVC merupakan design pattern. Meskipun memberikan prinsip dasar yang sama, implementasi MVC biasanya akan berbeda-beda, tergantung siapa yang mengimplementasikannya.

    BalasHapus
  45. Fiqih Abnar Efendi - XII RPL 3 - 14

    MVC merupakan singkatan dari Model, View, dan Controller adalah salah satu Implementasi dari SoC (Separation of Concern), SoC sendiri merupakan dari sistem untuk membagi kode agar tidak bercampur atau tidak dikenali. implementasi prinsip SoC untuk aplikasi yang kita kembangkan. Dalam MVC, kita membagikan bentuk aplikasi dalam tiga bagian utama, yaitu:
    1. Model, yaitu bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data.
    2. View, yaitu bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna.
    3. Controller, yaitu bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View.

    BalasHapus
  46. Nama Ersa Ade Prayuda
    No : 10
    Kelas : XII RPL 3

    KESIMPULAN :
    Untuk mengembangkan sebuah web harus menerapkan prinsip Pembagian Fokus (Separation of Concern) atau SoC, yang befungsi untuk memisahkan program komputer menjadi bagian-bagian yang berbeda.MVC (Model View Controller) merupakan salah satu pengimplementasian SoC yang dapat mempercepat proses pembuatan website karena developer akan lebih fokus pada pengerjaan salah satu bagain.

    MVC, memiliki 3 bagian utama, yaitu:
    1. Model = bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data.
    2. View = bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna.
    3. Controller = yaitu bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View.

    BalasHapus
  47. Nama : Farhan Fauzi Majid
    No : 12
    Kelas : XII RPL 3

    Agar kode program tidak tercampur maka harus menerapkan prinsip Separation of Concern, karena kode program mempunyai tugasnya masing - masing.
    Dalam MVC (Model View Controller) terdapat 3 bagian utama, yaitu :
    1. Model : bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data
    2. View : bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna
    3. Controller : bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View

    BalasHapus
  48. Nama : Aditya Dimas p
    No : 01
    Kelas : XII RPL 3

    MVC yang merupakan singkatan dari Model View Controller adalah satu software design pattern yang membantu kita atau tim developer dalam membangun sistem pengembangan website menjadi lebih mudah dan efisien yang terdiri dari tiga bagian yaitu :

    - Model: yaitu bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data

    -View: bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna

    - Controller: bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View

    BalasHapus
  49. Nama : Pramudita Rahmatdya
    No : 25
    Kelas: XII RPL 3
    MVC atau Model View Controller, merupakan salah satu implementasi prinsip SoC (Separation of Concern) yang merupakan teknik di mana kita membagikan kode ke dalam beberapa bagian. Bagian kode kemudian memiliki tanggung jawabnya sendiri untuk aplikasi yang kita kembangkan. Dalam MVC kita membagikan bentuk aplikasi dalam tiga bagian utama,
    1.Model yaitu bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data.
    2.View yaitu bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna.
    3.Controller yaitu bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View.

    BalasHapus
  50. Nama : Astrid Wulandari
    No : 05
    Kelas : XII RPL 3

    Kesimpulan :
    MVC atau Model,View, Controller adalah salah satu implementasi Soc yang dapat dikembangkan lebih baik.
    MBC terdiri dari 3 bagian:
    1. Model, yaitu bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data
    2. View, yaitu bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna
    3. Controller, yaitu bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View

    Keuntungan menggunakan MVC adalah setiap bagianya memiliki tanggung jawab masing-masing.

    BalasHapus
  51. Deviani Syafitri N-07-XII RPL 3

    • MVC singkatan dari Model View Controller yang merupakan salah satu implementasi prinsip SOC untuk aplikasi yang dikembangkan oleh pengguna. • Bentuk aplikasi dibagi menjadi 3 bagian utama yaitu, Model : Bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data View : Bagian kode yang berhubungan dengan tampilan untuk pengguna Controller : Bagian kode yang menghubungkan model dengan view

    BalasHapus
  52. Nama : Lia Hastuti
    No : 18
    Kelas: XII RPL 3

    MVC (Model, View dan Controller). Keuntungan tambahan dari penggunaan MVC, yaitu bagaimana setiap bagian memiliki tanggung jawab masing-masing.pastinya hal ini akan mempercepat dan mempermudah pengembangan web kita.
    Intinya jika ingin cepat mengedit kode langsung saja ke bagian MODEL.
    Jika ingin mengubah tampilan langsung ke bagian VIEW.

    BalasHapus
  53. Nama : Wulan Mita R. D
    Kelas: XII RPL 3
    No : 35

    MVC yang merupakan singkatan dari Model View Controller adalah satu software design pattern yang membantu kita atau tim developer dalam membangun sistem pengembangan website menjadi lebih mudah dan efisien yang terdiri dari tiga bagian yaitu :
    1. model: yaitu bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data.
    2. view: bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna
    3. conntroller: bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View

    BalasHapus
  54. Nama : Vania Nabila Muavrina Kelas : 12 RPL 3 No : 34 Kesimpulan : MVC merupakan singkatan dari Model, View dan Controller. MVC merupakan salah satu implementasi prinsip SoC untuk aplikasi yang telah kita kembangkan. Disini ada 3 bentuk aplikasi dalam tiga bagian utama, yaitu: 1.) Model, yaitu bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data. 2.) View, bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna. 3.) Controller, yaitu bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View. MVC juga merupakan design pattern, meskipun memberikan prinsip dasar yang sama, implementasi MVC biasanya akan memberikan hasil yg berbeda-beda, tergantung siapa yang mengimplementasikannya.

    BalasHapus
  55. Nama : Devina Jayanti Prihatini
    No : 08
    Kelas : XII RPL 3

    KESIMPULAN :
    SoC atau Separation of Concern merupakan teknik di mana kita membagi-bagikan kode ke dalam beberapa bagian. MVC ini merupakan pengimplementasian dari prinsip Separation of Concern(SoC) yaitu pembagian program komputer. MVC itu singkatan dari Model, View, dan Controller.
    Tiga bagian utama MVC :
    1. Model : Coding yang berkaitan dengan basis data.
    2. View : Coding yang berkaitan dengan tampilan kepada pengguna.
    3. Controller : Coding yang menghubungkan Model dan View.
    Tiga bagian tersebut adalah hal yang penting saat kita ingin membuat sebuah aplikasi web, untuk menghindari tercampurnya koding kita atau dengan kata lain kita tidak akan merusak koding bagian lain jika kita memperbaiki koding di bagian tertentu, sehingga mempercepat dan memudahkan kita untuk memperbaiki atau mengembangkan aplikasi web tersebut.
    Alur kerja aplikasi web kita ketika user mengunjungi salah satu halaman yaitu, Browser berhubungan dengan server untuk akses halaman, Request (permintaan) browser ditangani oleh bagian Controller dari kode kita, Controller akan melakukan pemanggilan ke Model untuk mendapatkan data yang relevan, dan kemudian mempersiapkan data tersebut untuk ditampilkan, Controller memberikan data yang diperlukan kepada view, View menampilkan data dan berbagai elemen antarmuka tambahan yang diperlukan.

    BalasHapus
  56. Nama:Azmi Jalil
    No:06
    Kelas:XII RPL 3

    MVC yang merupakan singkatan dari Model View Controller adalah satu software design pattern yang membantu kita atau tim developer dalam membangun sistem pengembangan website menjadi lebih mudah dan efisien yang terdiri dari tiga bagian yaitu :
    1. model
    2. view
    3. conntroller

    BalasHapus
  57. Ella Feriska
    XII RPL 3
    09
    MVC merupakan singkatan dari Model, View dan Controller. Untuk menghindari kode agar tidak tercampur, maka kita harus menerapkan prinsip Pembagian Fokus (Separation of Concern). Secara singkat, SoC atau Separation of Concern merupakan teknik di mana kita membagi-bagikan kode ke dalam beberapa bagian. MVC, atau Model View Controller, merupakan salah satu implementasi prinsip SoC untuk aplikasi yang kita kembangkan. Dalam MVC, kita membagikan bentuk aplikasi dalam tiga bagian utama, yaitu:
    A. Model, yaitu bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data.
    B. View, yaitu bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna.
    C. Controller, yaitu bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View.
    MVC juga merupakan design pattern

    BalasHapus
  58. Nama : Layyarima
    No : 17
    Kelas : XII RPL 3

    MVC merupakan singkatan dari Model, View dan Controller. MVC, atau Model View Controller, merupakan salah satu implementasi prinsip SoC (Separation of Concern) untuk aplikasi yang kita kembangkan.
    3 bagian utama bentuk aplikasi dalam MVC :
    • Model, yaitu bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data.
    • View, yaitu bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna.
    • Controller, yaitu bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View.

    BalasHapus
  59. Nama : Tutut Tri Lestari
    No : 32
    Kelas : XII RPL 3

    MVC merupakan singkatan dari Model, View dan
    Controller.
    Penyebab koee tidak dikenali yaitu kode untuk menampilkan HTML tercampur dengan kode query, yang menjadikan kode menjadi buruk dan sulit dikembangkan.
    Untuk menghindari kode tercampur maka kita harus menerapkan prinsip Pembagian Fokus (Separation of Concern).
    Dalam MVC, kita membagikan bentuk aplikasi dalam tiga bagian utama, yaitu:
    1. Model
    2. View
    3. Controller

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama