[TUTORIAL LARAVEL 7 UNTUK PEMULA ] CARA MENGHUBUNGKAN FRAMEWORK LARAVEL DENGAN DATABASE (MYSQL PHPMYADMIN XAMPP)

haloo semuanya selamat datang di Atech. Dalam materi kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara untuk mengkoneksi atau menghubungkan project website kita yang menggunakan Framework laravel 7 dengan database MySQL yang ada di XAMPP.  Karena dengan menggunakan database kita akan bisa mengelola data yang akan kita simpan atau akan kita gunakan dalam content di Website kita. Website kita membutuhkan database agar website yang kita buat menjadi lebih dinamis dan dapat dikelola tanpa harus mengotak-atik kode website kembali setiap ada perubahan data didalamnya. Berikut adalah langkah untuk mengkoneksikan database kita (MySQL PHPMyAdmin di XAMPP) dengan framework Laravel 7:

  1. Lebih dahulu buka XAMPP dan seperti biasa aktifkan Apache (untuk membaca PHP) dan aktifkan MySQL (untuk database) kemudian tekan tombol admin disamping tombol start (berubah jadi stop ketika sudah diklik start). Seperti di gambar berikut:
  2. Akan tampil di webbrowser kurang lebih seperti dibawah ini
  3. Kemudian buatlah sebuah database atau ruang terlebih dahulu didalam PHPMyAdmin tersebut. Dengan klik new -> kemudian isikan nama databasenya. Sebagai contoh saya membuat database dengan nama "dbtokoonline" klik create.
  4. Kemudian  setelah database dibuat buka Visual Code kalian dan buka folder Framework yang telah kita download sebelumnya. Kita sebelumnya mendownload Framework laravel dengan nama folder "tokoonline" :

  5. Setelah folder "tokoonline" yang berada di htdocs dibuka maka kita siap untuk membuka  halaman webnya tersebut dengan cara membuka webnya dengan cara yang telah penulis sampaikan di postingan sebelumnya menggunakan commandprompt dengan mengarahkannya ke folder "tokoonline". Silahkan buka kembali "[TUTORIAL LARAVEL 7 UNTUK PEMULA ] INSTALASI LARAVEL 7 DAN CARA MENAMPILKAN HALAMAN AWAL WEB DENGAN LARAVEL "  untuk melihat cara membuka halaman web framework laravel menggunakan server Laravel itu sendiri.
     
     
     




  6. Berikutnya untuk menghubungkan database yang telah kita buat. Kita kembali lagi ke Visual Code kita yang telah membuka folder "tokoonline" kemudian cari file dengan nama ".env" di folder "tokoonline" selanjutnya rubah sesuai petunjuk gambar dibawah ini:
  7. Jika sudah di setting sesuai dengan database dan nama web kita selanjutnya kita buka terminal didalam Visual Code dengan cara pilih menu atas "terminal" kemudian pilih "new terminal"
     
     akan muncul tampilan seperti ini.

  8. Setelah itu ketikkan "php artisan config:cache" kemudian enter (digunakan untuk membersihkan cache settingan dan menggantikannya dengan yang baru)

  9. Silahkan buka kembali web browser kalian dan refresh. Maka database sudah berhasil dihubungkan. 
Demikian langkah untuk mengkoneksikan database dengan framework laravel. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Selanjutnya akan ada materi tentang membuat Form Login di Larael 7 dengan sangat mudah. Nantikan selanjutnya.

Ade Setiyawan

kami adalah penggemar teknologi, pendidikan dan musik yang suka dengan membagi pengetahuan dan sharing sehingga akan menambah wawasan.

3 Komentar

Silahkan isi komentar jika ada pertanyaan, saran atau kritik. Bantu kami untuk lebih berkembang.

Lebih baru Lebih lama