[TUTORIAL LARAVEL 7 UNTUK PEMULA ] INSTALASI LARAVEL 7 DAN CARA MENAMPILKAN HALAMAN AWAL WEB DENGAN LARAVEL


 

Halo semua jumpa lagi di ATech 😬. Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara untuk instalasi atau lebih tepatnya adalah mendownload Framework laravel 7 menggunakan COMPOSER di Command Prompt atau CMD (Key Windows + R kemudian setelah keluar Run ketik CMD dan enter maka Command Prompt akan muncul atau Tekan simbol windows dikanan bawah kemudian ketikkan CMD).Jangan lupa untuk install Webserver terlebih dahulu yaitu Apache di aplikasi XAMPP.

Untuk penjelasan mengenai laravel, webserver Apache dan composer silahkan saksikan video dibawah ini:

[ laravel 7 untuk pemula ] #1 Apa saja persiapan untuk menggunakan Laravel 7

Dan video berikut:

[ LARAVEL 7 UNTUK PEMULA ] #2 CARA INSTALASI COMPOSER, XAMPP dan VISUAL CODE BESERTA PENJELASANNYA

Baiklah dalam kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan cara untuk menginstalasi atau mendownload framewrok laravel 7. Berikut adalah langkah - langkahnya, simak point to point agar dapat mengikuti dengan baik.

  1. Pastikan XAMPP sudah diinstall atau dipasang di perangkat anda masing-masing agar Bahasa Pemrograman PHP bisa di baca oleh sistem kita. simak video diatas bagian instalasi 
  2. Pastikan Composer sudah terinstall atau terpasang di perangkat anda masing-masing agar bisa digunakan untuk memanggil package PHP yang akan kita gunakan. Simak video diatas bagian instalasi
  3. Pastikan PHP yang digunakan nantinya adalah PHP diatas Versi PHP >= 7.2.5 untuk bisa menggunakan Laravel 7. 
  4. Aktifkan Apache di XAMPP terlebih dahulu
  5. Langkah berikutnya buka folder yang digunakan untuk menampung file berekstensi ".php" dimana kode php bisa di baca atau dieksekusi oleh sistem yang diletakkan dalam folder tersebut. Folder tersebut bernama "htdocs" jika mengunakan XAMPP. Biasanya terletak di Drive C kemudian masuk kedalam folder XAMPP, kemudian pilih folder "htdocs
  6. Kemudian buka "Command Prompt" (Key Windows + R kemudian setelah keluar Run ketik CMD dan enter maka Command Prompt akan muncul atau Tekan simbol windows dikanan bawah kemudian ketikkan CMD) berikut tampilan dari Command Prompt
  7. Berikutnya arahkan Command Prompt ke folder htdocs tersebut. Dengan menggunakan perintah "CD" atau ChangeDirectory (berikut contoh penulis menggunakan terminal di MacOS yang pada dasarnya sama caranya di windows) berikut Command Prompt yang ada di Macos :
    dengan cara yang sama ketikkan CD pada command prompt kalian. CD [spasi] maksud dari [spasi] adalah kalian tekan tombol spasi pada keyboard kalian masing-masing. jika [enter] maka kalian tekan tombol enter. ketikkan CD [spasi] kemudian drag n drop folder htdoc.
     
     

    Jika di windows akan keluar "cd  C:\xampp\htdocs" . setelah itu tekan enter. sampai yang didepan keluar tulisan C:\Users\[namauserkomputer]\htdocs\

  8. jika sudah masuk kedalam folder yang diinginkan dalam Command Prompt selanjutnya download FrameWork LARAVEL. dengan cara menuliskan code berikut ke dalam Command Prompt.
    composer create-project --prefer-dist laravel/laravel blog

    itu adalah code dasar dari pemanggilan framework laravel. Pada bagian terakhir ada kata "blog" itu adalah nama web yang akan kita buat. jika ingin membuat web toko online makan blog tersebut bisa diganti dengan "tokoOnline" sehingga bisa menjadi seperti berikut:
    composer create-project --prefer-dist laravel/laravel tokoOnline

    Kemudian tekan enter (oh iya pastikan internet aktif karena itu membutuhkan koneksi internet) kemudian akan keluar proses downloading


    jika sudah keluar Application key set successfully maka Framewrok laravel untuk web tokoOnline sudah bisa kita lihat. Cek di folder C:/xampp/htdocs  maka sekarang di folder tersebut sudah terdapat folder dengan nama tokoOnline.
    isi dari folder tersebut merupakan keseluruhan dari file framework laravel.

    jika sudah terdapat file dan folder tersebut makan framework laravel siap digunakan.

  9. Bagaimana cara menjalan Framework tersebut? ada 2 cara untuk menjalankan framework tersebut. cara pertama adalah dengan membuka localhost kita (dengan syarat apache di xampp sudah di jalankan) ketikkan localhost di webbrowser kalian (bisa chrome, firefox atau yang lainnya).  Ketikkan "localhost/tokoOnline/public kemudian enter maka akan muncul tampilan seperti dibawah.
    maka framewrok laravel untuk web tokoOnline sudah bisa digunakan. Kemudian jika menggunakan cara ke dua (atau cara yang dianjurkan oleh Laravel).

    Buka kembali "command prompt" dan ketikkan "cd [spasi] draganddrop folder toko online diisn. kemudian enter.  Jika sudah masuk ke folder "tokoOnline" di commandprompt setelah itu ketikkan "php artisan serve " seperti pada gambar dibawah ini.

    Jika sudah muncul http://127.0.0.1:8000 maka gunakanlah link tersebut di webbrowser untuk membuka web kalian. seperti dibawah ini
    Kita akan menggunakan cara yang kedua untuk tutorial berikut berikutnya. 
  10. Oke demikian langkah - langkah untuk menginstall framework atau mendownload framework. Jika akan membuat website kembali maka harus mendownload kembali framework untuk project selanjutnya. Untuk 1 kali download digunakan untuk 1 project website.
  11.  
Oke Semuanya demikian tutorial menginstall atau mendownload Framework LARAVEL 7 semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan silahkan isikan di kolom komentar. Untuk videonya akan segera menyusul terima kasih. 

Share untuk membuat blog ini lebih maju lagi. Terima kasih. Salam ATech


Video : 

Ade Setiyawan

kami adalah penggemar teknologi, pendidikan dan musik yang suka dengan membagi pengetahuan dan sharing sehingga akan menambah wawasan.

3 Komentar

Silahkan isi komentar jika ada pertanyaan, saran atau kritik. Bantu kami untuk lebih berkembang.

Lebih baru Lebih lama