8 FITUR PADA OS ANDROID 13 MENARIK

 8 FITUR PADA OS ANDROID 13 MENARIK

NOTE-ADE [ GARASI KODING ] – Android melakukan update pada OS nya yang terbarunya yaitu Android 13. Dimana android 13 tersebut diluncurkan pertama kali pada smartphone dari Google yaitu Google Pixel. Android versi 13 ini memiliki fitur serta pembaharuan yang kecil dibandingkan dengan Android versi 12, namun masih fungsional. 

Berikut adalah 8 fitur pembaharuan yang ada pada android 13: 

8 FITUR ANDROID 13

1. Material You

material you garasi koding

Di Android 12 sudah ada fitur Material You dimana fitur ini berfungsi untuk menentukan tema smartphone anda akan sama dengan wallpaper yang sedang anda gunakan. Peningkatan fitur ini di Android 13 adalah terdapat pilihan sebanyak 16 tema, dimana anda dapat memilih sendiri tema warna yang anda inginkan dengan memberikan color pallets kepada anda. 

2. Ubah Ikon

Ubah Ikon Garasi Koding

Ini masih pada fitur Material You dimana anda bisa menyesuaikan icon sesuai dengan tema yang telah anda pilih. Caranya cukup mudah dengan masuk ke Home Screen -> wallpaper dan Style  kemudian anda memilih Themed Icons.

3. Search Bar


Adapun yang beda dari update OS Android  yaitu android 12 dan 13 adalah pada bagian fitur serach bar. Dimana pada Android versi 13 saat anda menekan bar pada bagian bawah yaitu home screen akan muncul sebuah interface yang mana anda akan dapat melihat result dari pencarian yang berasal dari web dan juga Application yang terinstall pada smartphone anda. 

4. Notifikasi

baca juga : REELS INSTAGRAM UPDATE FITUR TERBARU 2022


Menyederhanakan proses sehingga menjadi sederhana dibandingkan dengan Android terdahulu. Pada system operasi Android 13 anda dipermudah dalam memilih aplikasi mana yang akan anda sembunyikan atau blokir notifikasi aplikasi tersebut. Dimana dengan fitur ini membuat anda lebih nyaman. Caranya adalah dengan Membuka Aplikasi kemudian pilih icon ‘i’ lalu notifikasi. 

5. Split Screen


Split Screen pada Android Versi 13 ini cukup mudah yaitu dengan anda tekan pada Icon dari aplikasi anda yang pertama di Recent App, kemudian anda membuka aplikasi yang lain di menu Recent App juga dengan syarat aplikasi tersebut sudah anda buka sebelumnya. 

6. Salin Teks

Penyalinan teks pada Android 13 sekarang akan mendapatkan sebuah pop up  dimana Ketika kita mengetuk pada pop up tersebut setelah kita melakukan penyalinan. Setelah melakukan penyalinan anda akan mendapatkan pop up teks editor sehingga memungkinkan anda untuk memperbaharui hasil salin sebelum dishare atau dipastekan atau tersimpan pada clipboard. 

7. Pemindai QR

Pada Android 13 terdapat pembaharuan cara untuk melakukan pemindai QR selain menggunakan kamera dari Android yaitu dengan akses fitur pengaturan cepat pada bilah atas dan scroll Bersama dengan pengaturan untuk bluethooth dan yang lain, nah anda tinggal memilih icon pemindai untuk melakukan pemindai QR. 

8. Pengaturan Bahasa Pada Aplikasi

Mungkin pada bagian ini tidak banyak pengguna smartphone android membutuhkan, namun bisa saja sangat penting atau berguna bagi sebagian pengguna smartphone Android. Pada Android 13 terdapat fitur untuk dapat menerapkan Bahasa yang berbeda pada setiap software atau aplikasi. Silahkan buka pada pengaturan lalu pilih “Bahasa dan masukkan -> Bahasa aplikasi”

Demikian fitur menarik yang patut dicoba di Android 13. Semoga bermanfaat dan memberikan informasi seputar teknologi bagi anda. Salam sehat dan sukses selalu. 


Ade Setiyawan

kami adalah penggemar teknologi, pendidikan dan musik yang suka dengan membagi pengetahuan dan sharing sehingga akan menambah wawasan.

Posting Komentar

Silahkan isi komentar jika ada pertanyaan, saran atau kritik. Bantu kami untuk lebih berkembang.

Lebih baru Lebih lama