Garasi Koding - Hallo semuanya kali ini kita akan membahas tentang
apa itu Logo, tentunya kata logo ini sudah tidak asing lagi
bagi kita semuanya ya. Logo biasa kita lihat di makanan kemasan,
aplikasi di hp kita, logo sekolah dan lain-lain. Nah disini kita akan
membahas apa sih logo dan apa sih kriteria dari
logo yang efisien dan efektif.
Apa itu Logo ?
Logo merupakan serapan dari Yunani Kuno, dalam bahasa tersebut
logo diserap dari kata LOGOS dimana memiliki makna
pemikiran, tingkah laku, kata, daya pikir serta dialog.
Pada tahun 1810 sampai dengan tahun 1940, Logo merupakan kata yang
diambil dari sebuah kata yaitu logotype diaman memiliki makna
suatu tulisan dari nama seseorang, instansi, atau organisasi bisa juga
perusahaan yang diciptakan secara unik atau khusus dari penggunaan suatu
keahlian dalam penggunaan style font tertentu yang sangat menarik bagi
konsumen.
Jadi pada jaman dulu Logo dibuat hanya seperti tulisan biasa namun
diberikan style font yang menarik. Hingga saat ini berkembang pesat
menjadi logo-logo yang kita lihat sekarang ini.
Dimana bisa disimpulkan bahwa logo merupakan suatu identitas yang
mencerminkan suatu harga diri yang memiliki nilai citra baik serta
bertanggung jawab, profesional hingga kepercayaan.
Jenis-Jenis Logo
-
Logo Monogram yaitu logo yang mengambil dari inisial nama
dari nama seseorang, instansi, perusahaan atau organisasi. Contoh
Garasi Koding dimana logonya mengambil inisial dari nama tersebut
yaitu G dan K.
-
Wordmark yaitu logo yang mengambil dari nama seseorang,
instansi perusahaan atau organisasi secara keseluruhan tanpa mempersingkat
nama brand mereka. Contoh Garasi Koding maka logonya akan terbaca utuh
Garasi Koding
-
Pictorial Mark yaitu logo yang diberikan sentuhan grafis
sehingga mewakili nama dari brand yang ada. Contoh dari Pictorial Mark
adalah Apple dimana logonya juga berbentuk apple, Puma yang logonya juga
hewan Puma atau singa gunung
-
Logo Abstrak yaitu logo yang diberikan sentuhan grafis yang
dimana mewakili brand tersebut secara keseluruhan dalam 1 gambar saja.
jadi logo tersebut jika dilihat akan benar-benar familier dengan visi misi
dari brand tersebet contohnya seperti Adidas yang artinya daya tahan dan
keanggunan maka dibuatlah logo abtrak yang berbentuk 3 garis yang mewakili
seperti menanjak gunung menuju sebuah goal atau tujuan.
-
Logo maskot yaitu logo yang diberikan sentuhan grafis yang
mana digambarkan sebuah sebuah karakter yang mewakili brand tersebut
seperti KFC dimana logo KFC merupakan gambar dari pencipta KFC.
-
Logo Kombinasi yaitu logo yang menggabungkan antara
Abstark, lalu maskot dan kemudian simbol
-
Logo lambang yaitu logo yang terdapat sebuah huruf yang
diletakkan didalam sebuah simbol-simbol sesuai brand. Misalkan logo
sekolah, BMW, HArley Davidson.
Logo sangat penting karena Logo merupakan sebuah branding (identitas
perusahaan), Memberikan informasi dan nilai perusahaan dari masyarakat,
motivasi, emosional(atau perasaan yang ingin disampaikan dari brand
tertentu), untuk promosi yang menarik perhatian.
Apa sih kriteria dari Logo Efektif
- Tidak berlebihan (simple)
- Memiliki Ciri khas yang tidak sama dengan logo lain (originalitas)
- Mudah untuk dikenali
- Fleksibel atau bisa digunakan dalam media apapun
- Mewakili apa yang akan ditampilkan oleh brand tersebut
- Tidak membosankan atau bertahan dengan waktu yang lama
- Pilihan warna yang tepat sesuai visi misi dari Brand tersebut
- Pemiliha jenis huruf yang sesuai dengan brand
Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kita semua. Dan
semoga anda bisa memaksimalkan Logo yang akan anda buat sendiri untuk anda
ataupun client anda.
Logo yaitu suatu identitas yang mencerminkan suatu nilai.
BalasHapusKriteria logo yaitu simple, originalitas, fleksibel, mudah dikenali, tidak membosankan
Logo adalah suatu identitas yang mencerminkan suatu objek dengan penuh tanggung jawab.
BalasHapusKriteria logo yaitu simple, fleksibel dan tidak membosankan.
Enik sukowati
Logo yaitu berupa tulisan, gambar, atau lambang yang menjadi identitas suatu organisasi, perusahaan, atau sebuah brand yang di buat dengan simpel, fleksibel,
BalasHapustidak membosankan untuk, dan yang terpenting mewakili visi misi dari pemilik logo
logo adalah sesuatu identitas yang mencerminkan sebuah nilai
BalasHapusKriteria logo yaitu simpel, fleksibel,dan tidak membosankan
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusmantapp👏
BalasHapuslogo adalah sebuah tulisan, sketsa, atau gambar yang mempunyai makna tertentu dan bisa mewakili identitas perusahaan/produk.
-iraa
Logo adalah sebuah branding (identitas perusahaan), Memberikan informasi dan nilai perusahaan dari masyarakat, motivasi, emosional(atau perasaan yang ingin disampaikan dari brand tertentu), untuk promosi yang menarik perhatian.
BalasHapus# Rika kurniawati
Logo adalah sebuah tulisan atau gambar yang bisa mewakili suatu produk/organisasi atau yang lainnya.
BalasHapusbayu wasesojati
Fajar Julianto - 11 - hadir
BalasHapusLia hastuti-XII RPL 3-18-hadir
BalasHapusAprilia Ambarwati - 03 - hadir
BalasHapusRetno Meila - 27 - Hadir
BalasHapusAnwar-02-Hadir
BalasHapusErsa Ade P - 10 - Hadir
BalasHapusSherlyna C - 32 - Hadir
BalasHapusFenia Dwi Mareta - 13- Hadir
BalasHapusDeviani Syafitri N-07-HADIR
BalasHapusIndi Alfiatun K - 16 - Hadir
BalasHapusFiqih Abnar Efendi - 14 - Hadir
BalasHapusAstrid Wulandari - 05 - hadir
BalasHapusFarhan Fauzi Majid - 12 - Hadir
BalasHapusRicka Yunita - 30 - Hadir
BalasHapusRisdianti-31-Hadir
BalasHapusOvialita Norin- 24 - Hadir
BalasHapusMetria Widya - 20 - Hadir
BalasHapusAZMI JALIL-06-HADIR
BalasHapusTUTUT TRI-33-HADIR
BalasHapusVANIA NABILA (35) - HADIR
BalasHapusDEVINA JAYANTI PRIHATINI (08) - HADIR
BalasHapusElla Feriska - 09 - HADIR
BalasHapusAditya Dimas - 01 - HADIR
BalasHapusWulan Mita R. D -36- Hadir
BalasHapusPramudita-25 Hadir
BalasHapus