MATERI USECASE DIAGRAM (REVISI DARI TUGAS)

CONTOH GAMBAR USECASE SEDERHANA

CATATAN UNTUK MATERI USE CASE DIAGRAM :

  1. Aktor utama harus ada karena aktor utama adalah aktor yang akan mengelola keseluruhan dari sistem informasi tersebut. Sebagai contoh Aktor utama dapat menghapus atau menambah akun sendiri karena levelnya Aktor tersebut paling atas. Sehingga aktor utama tersebut dapat mengakses hampir keseluruhan use case ytang ada dalam sistem. 
  2. Association atau garis penghubung antar elemet dari Use Case Diagram tidak memerlukan anak panah walaupun kebanyakan UC (Use Case) Diagram juga menggunakan anak panah. Namun, dengan menggunakan anak panah ditakutkan memiliki persepsi bahwa alur tersebut hanya berjalan searah tanpa ada balasan atau response dari sistem sehingga tidak memerlukan anak panah
  3. Dependency (Include dan Extends). Include : Berfungsi untuk mengindentifikasi hubungan antara 2 use case, dimana use case yang satu akan memanggil use case yang lainnya, jadi include digunakan jika ketika kita mengakses salah satu UC maka kita juga secara otomatis memanggil UC yang telah dihubungkan dengan Inclue ( <<incluce>> ). Extends : Apabila pemanggilan, memerlukan kondisi tertentu maka akan berlaku dependensi, jadi ketika kita ingin mengakses UC maka kita perlu sebuah kondisi terlebih dahulu maka kita harus menggunakan Extends  contohnya: 
    pada gambar tersebut ditunjukkan bahwa ketika kita akan mengakses UC Daftar Anggota kita harus Berlangganan Jurnal terlebih dahulu. Itu yang dinamakan harus ada kondisi terlebih dahulu. Juga pada kasus ketika kita ingin upload Foto di IG (UC -> mengupload foto, makan kita harus extends dengan Login terlebih dahulu atau registrasi terlebih dahulu) 
  4. Use Case (UC) yaitu kata kerja yang dikerjakan oleh sistem atau fasilitas yang bisa digunakan oleh Aktor. contoh: Login, logout, memasukkan data diri, melihat laporan, dan lain-lain. Tetapi kata kerja yang sekiranya dilakukan oleh Aktor tidak perlu di buatkan Use Case. Contoh:  Membuka Web, klik menu profil, status diterima atau gagal, dan lain-lain itu tidak masuk dalam use case dalam sistem. Contohnya pesan berhasil atau gagal itu merupakan pesan dari sistem atau response dari sistem bukan fasilitas atau kata kerja yang digunakan untuk memerintahkan sistem. 
  5. UC Diagram merupakan langkah awal dalam pembuatan sistem sehingga Ide dan Kreatifitas serta logik harus dijalankan. Tidak hanya sekedar membuat sehingga aplikasi yang dibuat jadi kurang maksimal. Contoh: membuat UC Diagram tanpa login padahal disitu terdapat lebih dari 1 aktor. Kemudian membuat login tanpa logout. UC yang dimasukkan atau dibuat tidak lengkap semisal registrasi akun tapi tanpa menghapus akun, ada password tapi tidak ada mengubah password. dan lain sebagainya. Sehingga UC Diagram itu harus dibuat sekompleks mungkin untuk menghasilkan aplikasi yang sesuai dengan harapan Client atau Konsumen. 

Komen dibawah ini dengan pesan "Sudah membaca", tidak hanya komen tapi tolong dibaca benar benar dan terapkan kembali pada pembuatan Use Case dengan tema yang sederhana."BEBAS INGIN MERANCANG APLIKASI APA SESUAI DENGAN KEIINGINAN MASING-MASING" hanya memastikan apakah sudah paham atau belum tentang UC. Dibuat sebenar-benarnya dan dengan cara yang sama seperti kemarin. Di foto->screeshoot->kirimkan->submit/serahkan. Tunggu hasilnya. OKE . Saya tunggu
Ade Setiyawan

kami adalah penggemar teknologi, pendidikan dan musik yang suka dengan membagi pengetahuan dan sharing sehingga akan menambah wawasan.

75 Komentar

Silahkan isi komentar jika ada pertanyaan, saran atau kritik. Bantu kami untuk lebih berkembang.

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Ardilla jabar wijaya saya sudah membaca kelas XI RPL 3

    BalasHapus
  4. Riki Hidayat Sudah Membaca XI RPL 3

    BalasHapus
  5. Dandi Dika Pradana Sudah Membaca XI RPL 3

    BalasHapus
  6. Danda Deka Pratama Sudah Membaca XI RPL 3

    BalasHapus
  7. Diandra Avrilta Eka Putri Sudah membaca XI RPL 3

    BalasHapus
  8. GINDO ADI PRATAMA SUDAH MEMBACA XI RPL 3

    BalasHapus
  9. Fatimah Nurjanah sudah membaca XI RPL 3

    BalasHapus
  10. Intan Permatasari sudah membaca XI RPL 3

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Lidya Putri Sari Adilana sudah membaca XI RPL 3

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Della Ayu Kusuma Sudah Membaca XI RPL 2

    BalasHapus
  16. Anggraini Eka Nur Jannah sudah membaca XI RPL 2

    BalasHapus
  17. Alpin Nugroho sudah membaca XI RPL 2

    BalasHapus
  18. Firman Danang sudah membaca XI RPL 2

    BalasHapus
  19. Rahayu Lestari Sudah Membaca XI RPL 2

    BalasHapus
  20. Aris Munandar Sudah Membaca XI RPL 2

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama