PERTEMUAN ke 2 "INPUT DAN OUTPUT DALAM JAVA" SMK NEGERI 1 JATIROTO (PART 1)

LANGKAH MEMBUAT PROJECT PADA NET BEAN

Dalam pertemuan kali ini, kita akan membahas mengenai "Input dan Output dalam Bahasa Pemrograman Java"  menggunakan net Bean. Sebelum membahas mengenai Input dan Output kita terlebih dahulu memiliki Aplikasi Editor untuk Java Salah satunya adalah NetBean atau bisa juga menggunakan aplikasi lainnya yaitu IntelliJ IDEA atau Enclipse.  Untuk pembelajaran kita kali ini, kita akan menggunakan aplikasi NetBean dimana terlebih dahulu meng-install JDK, JRE, dan Java Development KIT (Cari tahu sendirilah apa fungsinya masing-masing)
Berikut akan saya jelaskan garis besarnya untuk membuat project pada Net Bean 11.1. Perhatikan langkah-langkah berikut:

1.     Membuka Net Bean (versi Apapun), disini saya menggunakan Net Bean v11.1.


2.     Kemudian klik "FILE" kemudian Pilih "New Project". Maka akan muncul kotak dialog sebagai berikut


3.     Pilih "Java with Ant / Java " kemudian pilih "Java Application" selanjutnya klik NEXT. Maka akan tampil kotak dialog sebagai berikut:


4.     Isikan data pada Form tersebut.
Project Name adalah nama project aplikasi yang akan kalian buat (Diisi tanpa menggunakan "spasi" dan jangan menggunakan angka di awal nama) Ex: Pertemuan2
Project Location adalah input file dimana letak file project kalian akan  simpan. Ex: disini saya masukkan ke dalam hardisk saya di folder "pertemuanke2"
Project Folder adalah nama folder yang akan dibuat dalam folder location.
Use Dedicated Folder for Storing Library adalah folder yang akan menampung semua library yang akan digunakan begitupun juga dalam penggunaan library yang menggunakan tipe JAR. Untuk mempermudah mencari file Librarynya ketika akan membagikan project.
Create Main Class adalah file java yang menampung main class atau fungsi utama dimana akan dijalankan pertama kali ketika project dijalankan
5.     Kemudian klik FINISH dan tunggu sebentar sampai proses selesai. Akan memiliki antar muka sebagai berikut.

    
6.     Jika selesai dan antar mukanya sama dengan no. 5 maka project sudah selesai di buat dan siap untuk digunakan.



~~ SEMANGAT~~



Ade Setiyawan

kami adalah penggemar teknologi, pendidikan dan musik yang suka dengan membagi pengetahuan dan sharing sehingga akan menambah wawasan.

Posting Komentar

Silahkan isi komentar jika ada pertanyaan, saran atau kritik. Bantu kami untuk lebih berkembang.

Lebih baru Lebih lama