Cara Install Driver Canon Pixma iP1980 di Ubuntu

Alhamdulillah hari ini, warnet kecil di daerah desa nan asri di Purwokerto dengan squad 4 PC multi distro linux
(Ubuntu, Linux Mint dan Xubuntu 7.10…lho,kok anaknya Ubuntu semua :P ) dibuka…bermodalkan Printer Canon
Pixma iP 1980, tentulah butuh dijodohkan dengan Ubuntu sebagai kepala routernya.
Saya dapat tulisan ini dari Pak Riyan…makasih, Pak
Langsung :
** Printer sebaiknya dimatikan dulu.
1. Donlud driver yang sudah disediakan Canon di sana.
2. Taruh saja di folder /home
3. Klik kanan => Ekstrak di sini
4. Buka Terminal, ketik :

     $ cd iP1900_debian_printer/

5. Berikutnya, ketik :

     sudo dpkg -i *.deb


6. Tunggu sampe proses selesai. Selesaikan dengan mengetik di Terminal :

sudo apt-get -f install


7. Done.




Sudah begitu saja. Selanjutnya tinggal hidupkan printer, dan test page
Yang masih jadi misteri adalah, printer yang saya pakai ini tidak bisa nge-print selain ukuran kertas Letter.
Menurut Master Saatulihsan, “…sampe sekrang ituh belum sempurna! format dan ukuran kertas kadang tidak
sesuai dg harapan di linux”.
Saya baru tau ini, soalnya dua tahun ini saya pake printer HP yang bersahabat dengan linux (printer-printer HP
biasanya ndak usah install driver linux). Hasil printer HP tersebut sesuai harapan. Cuman memang, catridgenya
lemah sesuai rumor yang beredar.
Sambil menunggu advis dari Master-master Linux, jika kepepet ngeprint ukuran F4, saya ubah dulu dokumen
Open-Office nya ke bentuk PDF, baru saya print.
Ade White Flash

dalam kehidupan kita pasti akan melihat kita atau orang lain merasakan keberhasilan, namun percaylah bahwa disetiap oang memiliki keberhasilan sendiri-sendiri

Posting Komentar

Silahkan isi komentar jika ada pertanyaan, saran atau kritik. Bantu kami untuk lebih berkembang.

Lebih baru Lebih lama